Pages

Tuesday, December 4, 2007

Perguruan Tinggi Di Kalimantan Barat

Pendidikan di Perguruan Tinggi memikul misi yang sangat berat dan strategis yaitu bagaimana harus mempersiapkan pendidik agar memiliki kesiapan menangani permasalahan dan tantangan ke depan yang mencarikan jalan keluar terhadap perubahan-perubahan sebagai akibat arus informasi dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pendidikan menjadi wahana strategis untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang bermutu yang mampu hidup bersaing dalam dunia global. Dengan demikian diharapkan Perguruan Tinggi dapat meningkatkan visi dan misinya yang mana bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia yaitu manusia yang beriman, berbudi pekerti luhur, berkepribadian. Mandiri, tangguh, cerdas kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional , bertanggung jawab dan produktif.

Pembangunan pada hakekatnya merupakan suatu proses transformasi dari suatu keadaan pada keadaan lain yang mendekati tatanan yang dicita-citakan. Dalam proses transformasi perlu diperhatikan adanya kesinambungan (continuity) dan perubahan. Apabila mempertahankan kesinambungan saja maka cenderung statis dan resisten terhadap perubahan dan bahkan tertutup dengan adanya ide-ide baru yang justru diperlukan dalam pencapaian tujuan. Sedangkan perubahan saja tanpa kesinambungan akan mengakibatkan suatu objeknya kehilangan jati dirinya , oleh sebab itu kita harus mampu menciptakan keseimbangan dan keselarasan antara keduanya. Disini menuntut adanya komitmen dan karya nyata dari lembaga Pendidikan. Dan sangat perlu disadari bahwa pendidikan akan sangat menentukan masa depan rakyat Kalimantan Barat secara khusus dan bangsa umumnya. Agar para lulusan kita dapat berkontribusi secara optimal dalam dunia kerja perlu rencana strategi penyelenggaraan pendidikan yang terkait dan sesuai dengan kebutuhan (link and match).

Manusia yang beriman , beretika dan berbudi pekerti yang luhur secara obyektif diperlukan karena dalam dirinya terkandung nilai-nilai yang kondusif bagi terciptanya masyarakat yang maju dan nilai-nilai yang protektif bagi berbagai dampak megatif dari suatu kemajuan zaman. Kemajuan dan kemandirian merupakan hal-hal yang diperlukan bagi ketangguhan dan keuletan seseorang unutk memenuhi kehidupannya. Kemandirian merupakan modal untuk tetap survive dan unggul dalam percaturan dunia baik lokal,nasional maupun internasional.

Dengan demikian Perguruan Tinggi harus mampu menghasilkan sumberdaya yang berkualitas yang dapat memenuhi empat kompetensi yaitu : 1) kompetensi akademik yaitu untuk menghasilkan pengembangan IPTEK yang menghasilkan pemikiran yang inovatif; 2) Kompetensi profesional yaitu manusia yang hadanl dan memiliki dan menguasai pengetahuan; 3) kompetensi nilai dan sikap berkaitan dengan kemampuan untuk selalu menempatkan segala persoalan dalam kerangka nilai-nilai budaya; 4) Kompetensi untuk menghadapi perubahan yaitu kemampuan untuk memahami makna dan hakikat suatu perubahan, kemampuan untuk mengantisipasi arah dan kecenderungan perubahan tersebut serta kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan perubahan tersebut untuk mencapai keunggulan.

Dengan mempertimbangkan keempat kompetensi tersebut, maka strategi Perguruan Tinggi, diarahkan pada upaya peningkatan mutu disegala bidang dan peningkatan relevansi dengan kebutuhan, baik menyangkut kebutuhan dunia kerja dan industri akan tenaga kerja, pengembangan industri sesuai dengan perkembangan IPTEK dan perkembangan Daerah mauoun menyangkut tantangan yang akan terjadi di masa depan.

Pengembangan sumberdaya manusia berkemampuan lanjut dititikberatkan pada penguasaan IPTEK dalam rangka pengembangan kemampuan akademik, profesional dan kepemimpinan yang dijiwai oleh semangat persatuan dan kesatuan. Disamping itu Universitas Panca Bhakti harus mampu melahirkan manusia yang berjiwa penuh pengabdian dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa yang akan datang dan mempersiapkan kader pemimpin di masa yang akan datang.

No comments: